3 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Cicilan 0% Kartu Kredit

Siapa coba yang tak tertarik dengan promo cicilan 0% yang ditawarkan banyak kartu kredit? Sepertinya, nyaris tak ada, kan? Eh, tunggu dulu! Sebelum Anda tertarik untuk menggunakan promo cicilan 0% ini, sebaiknya cari tahu informasi mengenainya dulu. Jangan sampai, niatnya ingin hemat, Anda malah harus mengeluarkan dana yang lebih besar.

Pasalnya, sudah jadi rahasia umum bahwa setiap promo, baik itu cicilan 0% atau bukan, pasti ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, sebelum Anda memanfaatkan promo cicilan 0% ini, ada baiknya Anda membaca aturannya dengan baik karena biasanya aturan tersebut ditulis dengan huruf kecil dan di pojok pula. Lalu, hal apa saja yang harus Anda tahu?

  1. Aturan Main Cicilan 0%

Program cicilan 0% sama seperti namanya menawarkan Anda untuk membeli suatu barang dengan cara dicicil tanpa dikenakan bunga sedikit pun. Biasanya, batas maksimal kredit yang boleh Anda ambil adalah 24 bulan. Meski tak ada bunga yang akan dikenakan pada Anda, bukan berarti tak ada syarat yang harus Anda penuhi.

Pinjaman Dana Tunai
Ajukan Online, Cepat, Tanpa Ribet dan Syarat Mudah
RP

Salah satu syarat yang harus terpenuhi agar Anda bisa menikmati layanan ini adalah merchant itu sendiri. Maksudnya, tidak semua merchant dari bank pengeluar kartu kredit mengeluarkan aturan cicilan 0% ini. Hanya beberapa saja. Lalu masalah limit. Limit Anda harus mencukupi untuk bisa mengikuti program ini.

Misal limit kartu kredit Anda adalah 5 juta, Anda tak akan bisa menyicil barang dengan harga di atasnya. Limit kartu kredit Anda akan terpotong otomatis dengan nilai transaksi. Jadi, misal limit kartu kredit Anda adalah 7 juta dan nilai barang tersebut 6 juta, maka limit yang tersedia untuk kartu Anda hanya tinggal 1 juta untuk bulan berikutnya saja.

  1. Risiko Cicilan 0%

Meski terlihat sangat menggiurkan, program cicilan 0% ini ternyata juga punya risiko pada Anda. Misalnya saja jika Anda telat membayar tagihan. Anda akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan di awal. Jadi, bisa dikatakan bahwa program cicilan 0% ini hanya berlaku untuk Anda yang disiplin bayar tagihan setiap bulan saja.

Lalu, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi. Meski bunganya 0%, kadangkala biaya administrasi yang dikenakan juga cukup mencekik. Anda juga akan dikenakan biaya overlimit bila cicilan 0% yang Anda ambil telah mendekati limit dari kartu kredit Anda serta Anda juga bisa terkena markup harga atau harga yang lebih tinggi dibanding yang lain.

Misalnya saja, harga asli dari suatu ponsel adalah 5 juta rupiah. Lalu, Anda mengambil program cicilan 0% dan harga akan berubah menjadi 5,5 juta dengan angsuran selama 12 bulan. Dengan kata lain, Anda harus membayar lebih banyak pada pihak merchant 500 ribu dibanding Anda membeli secara cash.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum Anda mengambil program cicilan 0% untuk mengkredit suatu barang, ada baiknya Anda membandingkan barang serupa terlebih dulu di tempat lain. Lebih bagus lagi, bila Anda membeli secara tunai saja  karena harga yang dikenakan kadang bisa lebih murah.

  1. Tak Ada Poin Reward

Hal lain yang akan Anda dapatkan bila mengambil program cicilan 0% untuk membeli suatu barang adalah Anda tak akan mendapatkan poin reward atau program promo lain yang ditawarkan pihak bank. Sebab, pihak bank sudah menganggap bahwa cicilan 0% ini adalah bonus untuk Anda.

Padahal, biasanya Anda tak mengambil program cicilan 0% ini, ada poin reward yang cukup besar yang bisa Anda dapatkan. Lumayan, kan? Anda malah tak bisa mendapatkan bonus yang bisa Anda gunakan untuk banyak hal lain karena mengambil program cicilan 0% ini.

(Baca Juga: Ini Dia Caranya Menjadi Wanita Karir Yang Sukses)

Nah, sekarang sudah paham mengenai program cicilan 0% dari kartu kredit bank, kan? Masih tertarik untuk menggunakannya? Jika uang Anda tak terlalu banyak dan Anda sangat membutuhkan barang itu, tak masalah sih! Asal untuk hal berguna. Jika Anda butuh info tentang kartu kredit atau produk bank, bisa cek di CekAja.com, ya! Ada banyak info di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *