Cara Perpanjang SIM Yang Paling Mudah dan Simpel

Perpanjang SIM harus dilakukan mengingat masa berlaku SIM atau Surat Izin Mengemudi hanya berlaku sampai dengan 5 tahun sejak pembuatannya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) ini, dianjurkan untuk melakukannya sebelum jangka waktu yang telah ditetapkan habis.

Karena layaknya prosedur pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang baru, proses perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) juga membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Apalagi mengingat hukum saat ini yang mengatur Surat Izin Mengemudi telah berubah, yakni bila terlambat melakukan perpanjangan SIM, maka wajib untuk membuat SIM yang baru.

Baca juga: Yuk Jalan-jalan Ke 5 Tempat Wisata di Lampung yang Nge-Hits!

Pinjaman Dana Tunai
Ajukan Online, Cepat, Tanpa Ribet dan Syarat Mudah
RP

Wah, tentunya hal ini sangat merepotkan dan sebaiknya diantisipasi. Maka dari itu, sebaiknya perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) ini dilakukan dalam jangka beberapa hari sebelum masa berlakunya habis. Namun, alangkah lebih baik bila Anda telah mempersiapkannya sejak dini, misal satu pekan atau satu bulan sebelumnya.

Lalu, bagaimana sih prosedur atau langkah – langkah yang benar jika ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM)? Berikut ini adalah penjelasan mengenai prosedur yang benar dalam melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) berserta tipsnya.

Prosedur dan Tips Melakukan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM)

Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dimiliki seseorang menunjukkan bahwa orang tersebut sudah lulus dalam ujian kelayakan mengemudi. Surat Izin Mengemudi (SIM) itu sendiri memliki kelas atau tipenya masing – masing, tergantung dari jenis kendaraan atau alat transportasi yang mampu dikemudikannya.

Hati – hati, apabila Anda berkendara tanpa membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang berlaku, maka Anda dapat dikatakan telah melanggar hukum sesuai dengan aturan perundang – undangan yang berlaku.

Terdapat dua tahap yang harus dilalui agar bisa mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), yakni ujian teori dan ujian praktek. Apabila peserta lulus pada kedua ujian tersebut, maka dinyatakan berhak untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang berlaku selama 5 tahun.

Baca juga: Cari Pinjaman Tanpa Agunan Tanpa Bunga

Nah, bagaimana dengan proses perpanjang SIM? Saat ini, Anda telah dimudahkan dengan layanan SIM yang berbasis online sehingga tidak perlu lagi menunggu antrian panjang yang membuang – buang waktu dan tenaga. Layangan perpanjangan SIM online ini membantu Anda dalam mengisi data – data yang dibutuhkan agar waktu yang digunakan dapat lebih efisien.

Kemudian, setelah data yang diisi telah lengkap, Anda dapat mendatangi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM atau yang dikenal dengan istilah Satpas untuk mengajukan permohonan memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM).

Selain Satpas, Anda juga dapat mengajukan permohonan untuk memperpanjang SIM yang dimiliki di layanan SIM keliling. Fasilitas SIM keliling itu berupa mobil yang didesain khusus yang turut menghadirkan petugas guna membantu para pemohon perpanjangan SIM. Layanan ini telah ada sejak beberapa tahun yang lalu di tiap titik atau daerah pada waktu tertentu.

Baca juga: 5 Ide Usaha Modal Kecil yang Tak Perlu Modal Banyak

Layanan SIM keliling ini hanya dapat memperpanjang tipe SIM A dan SIM C. Sementara itu, apabila Anda ingin membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) yang baru, tetap harus mendatangi Satpas karena tidak dapat dilakukan di layanan SIM keliling ini.

Selain SIM keliling, Anda juga dapat mendatangi gerai SIM untuk melakukan proses perpanjangan SIM. Bedanya dengan SIM keliling adalah, gerai SIM ini dapat dijumpai pada pusat keramaian atau pusat perbelanjaan, seperti mall misalnya. Demikian artikel seputar perpanjang SIM semoga dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *