Cara Tambah Daya Listrik Serta Biaya yang Dikeluarkan

Listrik menjadi sebuah kebutuhan utama untuk para manusia yang hidup di dunia, karena tanpa adanya listrik, maka dunia akan gelap gulita. Manusia pun juga membutuhkan listrik untuk berbagai kepentingan, sehingga tanpa adanya listrik maka manusia tidak dapat memenuhi hidup nya dengan baik. Karena segala kebutuhan manusia membutuhkan daya listrik, maka tambah daya listrik adalah jalan yang banyak dilakukan oleh hampir semua orang seiring dengan berkembangnya dunia teknologi yang segala hal nya membutuhkan arus listrik.

Hal yang diperlukan dalam menambah daya listrik

Cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah daya listrik yaitu dengan cara mendatangi langsung pada kantor PLN. Dalam hal ini pun juga membutuhkan beberapa hal yang harus dilakukan dalam menambah daya listrik yaitu:

  1. Untuk mempermudah, telepon dulu pada unit PLN yang terdekat pada bagian pelayanan.
  2. Kumpulkan beberapa dokumen yang harus diperlukan. Dokumen tersebut yaitu fotocopy rekening listrik Anda yang terakhir, fotocopy pemohon apabila nama pemohon tidak sama dengan pelanggan. Untuk menghindari konflik maka harus adanya surat kuasa atau juga surat perjanjian sewa atau surat perjanjian yang lainnya.
  3. Siapkan biaya yang dibutuhkan.
    • Biaya penyambungan BP sebesar dengan selisih kenaikan pada daya tarif yang masih berlaku.
    • Uang jaminan pelanggan atau UJL, dikompensasikan dengan UJL yang sudah dibayar sesuai dengan standar PLN.
    • Materai.
    • Anda dapat melakukan pembayaran di loket pembayaran Unit PLN yang terdekat.

Baca: Ini Dia Cara Membuat Kartu Kredit yang Pertama Kali

Pinjaman Dana Tunai
Ajukan Online, Cepat, Tanpa Ribet dan Syarat Mudah
RP

Untuk melakukan tambah daya listrik pun juga dapat dilakukan secara online. Perhatikan hal-hal yang harus di lakukan untuk menambah daya listrik secara online yang ada di bawah ini:

  1. bukalah situs PLN dan klik bagian penambahan daya disini.
  2. Isilah ID pelanggan atau bisa juga dengan ID Meter, lalu klik cari dan tunggulah hingga data pelanggan atau data Anda terpampang.
  3. Klik lah pada tab penambahan daya, lalu isilah identitas Anda pada kolom yang ada. Apabila data Anda sama dengan database pelanggan PLN, maka Anda pun tinggal centang pada pilihan copy data pelanggan.
  4. Isilah perubahan daya sesuai dengan yang Anda inginkan. Hal ini dapat dilakukan untuk menambah atau mengurangi daya.
  5. Setelah itu maka akan muncul nominal biaya yang harus Anda bayarkan dalam penambahan daya listrik Anda. Apabila pengurangan daya maka tidak akan dikenakan biaya.

Saat ini pemerintah sedang melakukan penerbitan 20 juta pelanggan listrik yang tergolong rumah tangga 450 dan juga 900 VA yang telah disubsidi mereka. Hal ini perlu ditertibkan agar orang kaya tidak dapat melakukan cara yang curang demi mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah. Karena pada dasarnya orang kaya dan mampu tidak mendapatkan subsidi.

Baca Juga: Harga Makanan Termahal di Dunia Mencapai Milyaran

Berdasarkan informasi yang didapat dari call center PT PLN (Persero) 123, biaya yang akan dikenakan untuk perpindahan daya 450 VA ke 1.300 VA yaitu Rp 799.450. dan untuk perubahan daya 900 VA ke 1.300 VA yaitu Rp 377.800. Biaya ini berlaku pada seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Sehingga Apabila Anda ingin melakukan perubahan daya maka lakukan pendaftaran online melalui website resmi PT PLN.

Dalam proses pengajuan tambah daya listrik membutuhkan waktu minimal lima hari dari saat melakukan pengajuan. Akan tetapi apabila pelanggan ingin melakukan penambahan jaringan listrik, maka waktu dalam penyelesaiannya dapat mencapai 15 hari. Dan apabila ada penambahan gardu maka waktu penyelesaiannya dapat mencapai minimal 40 hari. Jika Anda ingin melakukan penambahan listrik maka dapat melakukan cara di atas.

Tinggalkan Balasan