Yuk Simak Cara Menghitung Simulasi Pinjaman Bank

Perhitungan simulasi pinjaman bank banyak dilakukan oleh masyarakat baik itu pinjaman dana tunai, kredit mobil (bekas atau baru), kredit rumah, dan masih banyak lagi. Hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan pinjaman tersebut salah satunya yaitu jumlah cicilan dan lamanya angsuran yang akan diberlakukan.

Prinsip utama ketika meminjam di bank yaitu dengan mencari pinjaman yang memiliki jumlah sesuai dengan ekonomi diri. Waktu angsuran (tenor) yang lebih lama akan mempengaruhi besarnya pembayaran cicilan. Sebelum melakukan pinjaman bank mari kita simak apa saja jenis pinjaman, cara kerjanya, dan manfaat dilakukannya pinjaman.

Baca juga: Keuntungan dari Take Over KPR

Pinjaman Dana Tunai
Ajukan Online, Cepat, Tanpa Ribet dan Syarat Mudah
RP

KPR Juga Bisa Kita Hitung Simulasi Pinjaman Bank

Bermacam pinjaman yang ditawarkan oleh bank seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR). KPR merupakan kredit untuk pembelian rumah tinggal sehingga jangka waktunya menjadi panjang. Adanya kredit tersebut mempermudah masyarakat untuk mendapatkan rumah yang diinginkan tanpa harus menabung lama.

Bermacam jenis pembelian rumah baik rumah yang sudah terbangun atau masih dalam tahap konstruksi biayanya dapat ditanggung oleh KPR. Peraturan yang diterapkan yaitu rumah yang akan dibeli dijadikan barang jaminan. Jika pemilik tidak dapat melunasi pinjaman yang telah ditentukan, maka rumah tersebut akan menjadi milik pihak bank.

Pembayaran rumah yang diberikan oleh pihak bank tidak dibayar secara keseluruhan harga rumah. Sehingga perlu disiapkan sejumlah biaya untuk nasabah dan disesuaikan dengan presentase sisa dari pembayaran bank.

Baca juga: Kelebihan dan Kerugian Over Kredit Rumah di Bank

Untuk perhitungan suku bunga perbankan dihitung dengan sistem anuitas, yaitu perhitungan bunga berdasarkan sisa pokok pinjaman setelah dilakukan pencicilan biaya. Pada umumnya suku bunga tetap (fixed) ditawarkan dan berlaku di tahun pertama dan untuk tahun selanjutnya tergantung dengan produk-produk yang ditentukan.

Jenis pinjaman yang kedua adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) yaitu kredit pinjaman tanpa ada jaminan apapun. Dana yang diberikan oleh pihak bank dapat digunakan untuk pembayaran rumah sakit, biaya pernikahan, renovasi, pendidikan, liburan, dan beragam keperluan kosumtig lainnya.

Akan tetapi pinjaman uang yang diberikan tidak sebesar yang diberikan KPR. Jika nasabah tidak bisa melunasi sehingga terjadi penunggakan berkelanjutan, akan diproses melalui jalur hukum. Biasanya jangkan waktu yang ditentukan hanya sampai 5 tahun. akan tetapi proses dana untuk cair lebih cepat.

Cara kerja KTA hanya dengan memberlakukan pembayaran angsuran oleh nasabah tiap bulannya sampai batas yang ditentukan. Besarnya angsuran ditentukan dengan cara perhitungan simulasi pinjaman bank yang didasarkan atas jumlah pokok dan suku bunga kredit.

Baca juga: Cara Mencari Rumah Over Kredit yang Tepat dan Aman

Potongan saldo rekening otomatis untuk pembayaran angsuran. Suku bunga KTA merupakan suku bunga flat (bersifat tetap) sehingga tidak akan ada perubahan dari perjanjian awal.

Jenis pinjaman terakhir adalah kredit kendaraan bermotor (kredit mobil). Kredit ini merupakan kredit khusus untuk pembelian mobil sehingga tergilong jenis pinjaman jangka pendek. Jangka waktu yang ditentukan untuk kredit motor hanya 5 tahun dan harga mobil ikut menentukan jumlah limit.

Mobil baru ataupun mobil bekas dapat menggunakan kredit tersebut. Akan ada perbedaan suku bunga dan besar nominal uang muka dari keduanya. Mobil yang dibeli akan menjadi jaminan yang diberikan kepada pihak bank sehingga jika pelunasan gagal, mobil tersebut akan diambil alih kepemilikannya.

Baca juga: Cari Pinjaman Tanpa Agunan Tanpa Bunga

Dari ketiga jenis pinjaman di atas dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Lakukanlah simulasi pinjaman bank secara langsung di lembaga keuangan yang Anda pilih agar mendapatkan penjelasan lebih rinci dan pasti dari pihak bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *